belajar membaca anak pra sd (usia dini, paud, tk), mengenal bilangan, belajar pecahan, belajar matematika, membuat kuis, kuis belajar, ...

Guru Matematika-Siswa SD Ber-ICT: Aplikasi Matematika Pemula (Pra SD atau SD Awal)

Perkembangan ICT dalam pendidikan akan terus berjalan seiring zaman yang terus berubah. Kalau guru tidak mengikutinya maka akan tertinggal dan menjadi guru gaptek (gagap teknologi) padahal sekarang ini sudah menjadi tuntutan guru profesional dalam aspek pedagogik. Guru dituntut menguasasi dan memanfaatkan ICT dalam pembelajaran.

Sudah banyak guru yang memiliki laptop, kelas pun sudah difasilitasi dengan LCD Projector dan sound system. Tinggal dicolok ke laptop dan aplikasi pembelajaran siap tayang. Aplikasi bisa dibuat interaktif dan komunikatif dan dengan dukungan multimedia jelas akan menarik.

Memang banyak aplikasi yang hanya menyajikan materi, contoh, dan latihan matematika dengan angka yang tetap, sehingga soal jadi mudah ditebak.

Aplikasi yang ini, bukan seperti itu karena angka yang akan muncul akan berbeda (berubah) setiap saat karena menggunakan variabel angka. Yuk kita bahas saja bagaimana isi dan operasional aplikasi ini.

Buka menu, pilih materi, dan tutup menu. Maka akan ditampilkan judul materi dan submateri. Sub-sub materi digeser dengan tombol panah kiri dan kanan. Setiap sub materi memuat: penjelasan materi, contoh soal, dan latihan soal. Beberapa di antaranya terdapat game. Pada pojok kiri bawah terdapat tombol-tombol warna untuk merubah warna layar.

A. Mengenal Bilangan

1. Bilangan Dihubungkan Banyak Benda

Jika tombol lambang bilangan “8” ditekan, maka akan menampilkan gambar sebanyak 8, misalnya 8 buah apel. Gambar setiap saat bisa diganti dengan menekan “ikon gambar”.

Dalam latihan, ketika tombol soal ditekan maka akan muncul “banyaknya benda” secara acak. Dalam gambar muncul gambar apel (tekan ikon gambar kalau mau diganti). Untuk menjawabnya tekan tombol “simbol bilangan”. Untuk mengetahui benar atau salah, tekan tombol “cek”. Jumlah benar dan salah dapat dilihat di “scoring board”.

Berikutnya permainan meletuskan balon lambang bilangan 1 sampai 10. Hasilnya dapat dilihat pada skoring board.

2. Cara Menulis Lambang Bilangan 


Disediakan kanvas dengan pensil warna untuk menulis lambang bilangan sesuai panduan.

3. Membandingkan Kumpulan Benda Berdasarkan Banyaknya

a. Lebih Banyak 

Kumpulan benda yang lebih banyak dicontohkan pada gambar ini bahwa 8 gelas lebih banyak daripada 5 gelas. Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan. Anak tinggal memberi cek pada benda yang lebih banyak. 

 b. Lebih Sedikit

Setelah diberikan contoh lalu mengerjakan latihan. Soal ditampilkan lalu dijawab dengan memberikan tanda cek pada benda yang lebih sedikit. Lalu cek benar-salah. Ternyata jawaban salah. Skor nilai dapat dilihat pada scoring bord. tinggal memberi cek pada benda yang lebih banyak.

c. Sama Banyak

Setelah contoh, lalu mengerjakan latihan.

4. Mengurutkan Benda Berdasarkan Banyaknya 

a. Dari Kecil ke Besar 

Pada gambar dicontohkan banyaknya benda dan lambang bilangannya ditampilkan secara acak kemudian diurutkan dari kecil ke besar. 
Lalu dilanjutkan ke latihan. Soal menampilkan secara acak banyak benda beserta lambang bilangannya.  Jawaban mengurutkan lambang bilangan dari kecil ke besar pada kotak isian. Cek Jawaban menampilkan urutan yang benar dari kecil ke besar (banyak benda beserta lambang bilangannya) 

b. Dari Besar ke Kecil

Tampilan aplikasi sama seperti halnya mengurutkan dari kecil ke besar. Hanya saja di sini urutannya dibalik dari besar ke kecil. Dimulai dengan contoh urutan dari besar ke kecil, lalu dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal.

5. Mengurutkan Bilangan 

a. Dari Kecil ke Besar 

Di sini sudah tidak ditampilkan banyaknya benda melainkan lambang bilangan saja. Setelah 5 lambang bilangan ditampilkan acak dan tidak berurutan, kemudian lambang bilangan tersebut diurutkan dari kecil ke besar. Hal yang sama juga berlaku untuk urutan bilangan dari besar ke kecil seperti gambar di bawah

b. Dari Besar ke Kecil

Hasilnya akan tampak seperti ini. Setelah diisi semua, baru cek benar salah. Dari contoh nampak benar 2, salah 3. Klik tombol lanjut untuk soal lainnya. Dijamin soal akan terus berbeda karena pakai variabel angka dan diacak, sehingga guru bisa dengan mudah menampilkan soal lainnya yang berbeda untuk latihan siswa sepuasnya. Anak jadi bisa karena faham bukan hafal.

6. Membilang Loncat 

Setelah diberikan contoh membilang loncat, kemudian mengerjakan soal latihan 1 s.d. 4. Sebagai contoh soal 1 seperti berikut ini. Setiap jawaban yang diisikan pada kota yang telah disediakan bisa diisikan langsung pada keyboard laptop atau pada papan angka yang muncul saat mengklik isian jawaban dengan cara mengkliknya pakai mouse pada angka yang dipilih.


B. Penjumlahan

1. Menjumlahkan Dua Bilangan Satu Angka 

Dimulai dengan pemberian contoh. Ada lima contoh, dilanjutkan dengan latihan 1-7 berikut ini.
Latihan 1

Latihan 2

Latihan 3

Latihan 4

Latihan 5

Latihan 6

Latihan 7

Cek Jawaban
Soal latihan 1 s.d. 4 menampilkan banyak benda dan lambang bilangan. Mulai soal latihan 5 s.d. 7 hanya menampilkan lambang bilangan. Soal bisa ditampilkan berulangkali. Soal akan berbeda karena menggunakan variabel angka dan diacak. Jawaban diisi pada kotak yang telah disediakan dengan mengetikkan angka dari keyboard atau papan angka.

Setelah jawaban diisi, tekan tombol “cek” jawaban untuk mengetahui jawaban benar atau salah. Dalam gambar nampak soal dijawab dengan benar.

Tekan tombol “soal” lagi jika akan mengulang latihan yang sama dengan bilangan yang berbeda. Demikian juga hal yang sama berlaku pada latihan lainnya.

2. Menentukan Pasangan Bilangan dengan Jumlah Diketahui 

Materi dimulai dengan lima buah contoh dan dilanjutkan dengan dua latihan. Latihan 1 terdiri 10 soal dan latihan 2 terdiri dari 12 soal. Berikut contoh latihan 1 soal ke 3 s.d. 6. Setiap soal yang muncul akan berbeda karena menggunakan variabel angka dan diacak. Cara pengerjaannya, mengisi jawaban pada kotak yang disediakan melalui keyboard atau papan angka. Kemudian menekan tombol cek untuk mengetahui jawaban benar/salah. Skor nilai dapat dilihat pada scoring board.

Ini adalah contoh latihan 2 soal ke 1 s.d. 6 dan soal 7 s.d. 12. Pengerjaannya sama seperti halnya pada latihan 1. Anak bisa berlatih secara berulang soal latihan yang diberi-kan guru dengan soal yang angkanya terus berubah.


3. Menjumlahkan dengan Cara Bersusun 

Materi dimulai dengan penjelasan dan contoh pengerjaan soal yang salah satunya seperti pada gambar berikut.
Dilanjutkan dengan mengerjakan latihan secara bersusun seperti berikut ini.
Jawaban diisi, lalu tekan tombol cek benar-salah dan muncul skor nilai pada scoring board.
   Dilanjutkan mengerjakan soal ke 3 s.d. 6


4. Soal Cerita 

Materi dimulai dengan penjelasan dan contoh pengerjaan soal yang salah satunya seperti pada gambar berikut.
Contoh latihan dan cek jawaban seperti gambar di bawah.


 C. Pengurangan 

1. Mengurangkan Satu Bilangan dari Bilangan Lain 


Materi dan contoh pengerjaan soal dapat dilihat pada gambar atas. Ada beberapa contoh bentuk soal yang ditampilan beserta cara menjawabnya. Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan Latihan 1 dan 2. Latihan 1 bentuk soalnya seperti di bawah ini.

Soal 1
Cek Jawaban Soal 1
Pertama menampilkan soal, kemudian mengisi dan mengecek jawaban. Hasilnya nampak pada scoring board. Soal berikutnya ditampilkan dan dikerjakan seperti ini hingga keseluruhan soal selesai. Hasil tes dapat dilihat pada scoring board. 
Soal 2
Soal 3
Soal 4
Soal 5
Soal 6
Soal 7
Berikut gambar bentuk soal, pengerjaan, dan cek jawaban pada latihan 2.



 2. Mengurangkan dengan Cara Bersusun 




Materi dimulai dengan lima buah contoh soal dan pengerjaannya, dilanjutkan dengan latihan seperti gambar di atas. Setelah soal ditampilkan, kemudian dijawab dan cek jawaban. Gambar yang terakhir adalah contoh cek jawaban dari soal 5 dan 6. Skor dan nilai akhir juga nampak pada scoring board.

3. Menentukan Pasangan Bilangan yang Selisihnya Diketahui

Materi dimulai dengan penjelasan dan contoh pengerjaan soal. Ada 5 contoh soal beserta jawabannya. Dilanjutkan dengan mengerjakan latihan (1 dan 2). Ada 10 soal pada latihan 1 dan gambar terakhir adalah cek jawaban untuk soal 3 s.d. 6.




Pada latihan 2 seperti gambar di bawah, gambar pertama soal 1 s.d. 6 dan gambar kedua soal 7 s.d. 12 setelah diisi dan dicek jawabannya. 



 4. Soal Cerita 

Materi dimulai dengan penjelasan dan contoh pengerjaan soal yang salah satunya seperti pada gambar berikut. 
Contoh latihan (soal 1-3) dan contoh cek jawaban (soal 3), lihat gambar berikut!





D. Penjumlahan dan Pengurangan


Pada bab ini latihan penjumlahan dan pengurangan digabung.

Latihan 1. 





Latihan 2 



Yang terakhir ini contoh jawaban dan cek jawaban pada latihan 2 (soal 4-6). Semua soal latihan setiap saat angka-nya berubah karena soal menggunakan variabel angka yang diacak sehingga siswa dapat mengerjakan terus soal berbeda. Ini sangat memudahkan guru dalam menyajikan soal.

E. Penjumlahan dan Pengurangan dengan Bilangan Nol

1. Mengenal Bilangan Nol melalui Pengurangan 

Gambar pertama tampilan lambang 0 (nol) dan cara menulisnya. Berikutnya penjelasan materi melalui animasi dan beberapa contoh lainnya untuk mengenal bilangan nol dalam pengurangan. 






2. Penjumlahan dan Pengurangan dengan Bilangan Nol 

Contoh penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan nol nampak dalam gambar berikut. 


Latihan soal 1 s.d. 3 dan 4 s.d. 6, contoh pengerjaan dan cek jawaban soal 4 s.d. 6.




F. Urutan 

Mengenal urutan 



Materi Lainnya 


Materi yang dibahas di atas berkaitan dengan Bilangan 0 s.d. 11. Dan materi berikutnya mengenai Bilangan 11 s.d. 20. 

Penjelasan materi, contoh soal, dan latihan tentang bilangan 11 s.d. 20 tentang mengenal bilangan, penjumlahan, dan pengurangan tidak akan dibahas lagi karena penjelasan operasional tidak jauh berbeda dengan penjelasan bilangan 0 s.d. 10 seperti yang telah dibahas di atas. Bedanya, materi ditambah dengan memasukan bilangan 11 hingga 20.

Hanya satu tambahan yang perlu disampaikan, yakni Nilai Tempat. Animasi contoh soal dan penjelasan tentang nilai tempat (gambar bawah) 

Gambar bawah adalah contoh soal nilai tempat pada latihan 1 dan 2


Demikian penjelasan tentang aplikasi matematika bagi pemula (untuk pra SD dan SD awal).



------------------------------------------------------------------------------------------ 

Web: bit.ly/azdiacenter atau https://azmediacenter.blogspot.com
Kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan silahkan berkirim pesan ke:
Email: azdia.center@gmail.com
SMS atau WhatsApp (081350350505) atau klik tombol di bawah!

0 Komentar untuk "Guru Matematika-Siswa SD Ber-ICT: Aplikasi Matematika Pemula (Pra SD atau SD Awal)"

Back To Top